Thursday, February 2, 2017

CARA MEMESAN MAKANAN DENGAN MESIN DI JEPANG

Memesan makanan menggunakan vending machine memang sangat mudah & praktis, namun bagi anda yang belum pernah mencobanya tentu bingung. 

Oleh karena itu, saya akan membagi pengalaman saya bagaimana memesan makanan menggunakan vending machine. 


So, let's read & hope it helps!

🙋🙋🙋


Jepang adalah negara super sibuk yang sangat memelihara ciri khas budayanya, seperti banyaknya temple yang terpelihara sampai sekarang, budaya memakai kimono (bahkan kimono sudah menjadi suatu kewajiban para turis Jepang), dan tempat-tempat wisata yang senantiasa terpelihara cantik.
Buat anda yang mau mencoba memakai kimono di Jepang, dapat membaca tips di sini (coming soon).

Tidak hanya budayanya yang dilestarikan, Jepang juga berkembang pesat dalam hal elektronik dan efisiensinya. Perkembangannya sangat luar biasa dan sulit dikejar.

Wajar kalau turis mengalami cultural shock saat menghadapi toilet yang otomatis, atau memesan makanan di restoran menggunakan vending machine

Ya, saat ini hampir seluruh restoran di Jepang menggunakan vending machine untuk customer pemesanan makanan. Jadi, tidak dilayani oleh pelayan restoran, pelayan biasanya hanya mengantar makanan dari dapur ke meja kita.

Dengan demikian, tidak ada lagi cerita pelayan salah tulis menu, tapi kita yang belum pernah menghadapi pemesanan makanan melalui vending machine tentu bingung. 

Nah, saya akan berbagi pengalaman bagaimana memesan makanan dengan  vending machine di salah satu restoran di Tokyo bernama "Yayoike", berikut caranya!

Food Machine

1. Ganti tulisan ke bahasa Inggris dahulu (dalam mesin ini di pojok kiri bawah, berwarna biru).

2. Masukkan uang (boleh kertas atau koin), tempat memasukkan uang ada di bawah layar mesin.

3. Pilih makanan yang ingin dipesan. Setelah selesai, klik Done (di pojok kanan bawah, berwarna hijau). 
Pada restoran ini, pilihan makanannya dibagi menjadi beberapa macam, ada: recommended menu, set meals popular menu (1), set meals fish, grilled meals (2), set meals seasonal menu (3), rice bowls/children's menu, breakfast, side dishes & draft beer.

4. Struk makanan beserta uang kembalian akan keluar di bawah layar mesin.

5. Berikan struk makanan tersebut kepada pelayan.

Selesai! Anda hanya perlu menunggu makanan yang dipesan disajikan.

Set menu Jepang
Set menu Jepang

Berikut situasi di dalam restoran Yayoike, memang hampir seluruh restoran di Jepang didesain untuk 1 atau 2 orang dan diberi pembatas, begitu sempit & tersendiri. Dan memang kebanyakan orang Jepang makan sendirian. Beda dengan di Indonesia ya.

Restoran Jepang

Buat anda yang ingin tahu bagaimana perjalanan saya di Jepang selama 8 hari dapat baca post yang ini.

Thank you for stopping by & read my story.
I'll see you on my next post & happy reading!


No comments

Post a Comment

© Angie Stee
Maira Gall